Pengertian Brosur
Brosur merupakan suatu media yang berbentuk selembaran dari kertas khusus yang digunakan untuk memberikan informasi atau mempromosikan barang, jasa, layanan atau program kepada khalayak umum.
Pengertian lain mengenai brosur yaitu sebuah alat publikasi yang resmi dari sebuah perusahaan yang mempunyai bentuk cetakan, yang memiliki berbagai informasi tentang sebuah produk , layanan, program dan yang lainnya, dan ditujukan pada pasar sasaran dan juga sasaran tertentu yang lainnya.
Brosur biasanya berupa selebaran cetakan. Namun seiring dengan perkembangan teknologi informasi, brosur juga disajikan dalam bentuk digital yang bisa di download oleh siapa saja yang memerlukannya.
Informasi dalam brosur ditulis dalam bahasa yang ringkas, dan dimaksudkan mudah dipahami dalam waktu singkat. Brosur juga didesain agar menarik perhatian, dan dicetak di atas kertas yang baik dalam usaha membangun citra yang baik terhadap layanan atau produk tersebut.
Tujuan Brosur
- Sebagai Media Informasi
- Sebagai Media Promosi
- Dapat meningkatkan daya tarik suatu produk yang dipasarkan
- Sebagai suatu identitas untuk suatu produk
Ciri-ciri Brosur
- Umumnya mempunyai pesan yang tunggal.
- Bertujuan untuk dapat mengiformasikan, mengedukasi, serta juga membujuk atau juga mempengaruhi
- orang/pelanggan untuk membeli maupun mengadopsi pesan yang disampaikan.
- Hanya sekali diterbitkan.
- Dibuat semenarik mungkin supaya menarik perhatian publik.
- Didistribusikan dengan secara tersendiri oleh pembuat brosur tersebut.
- Memiliki desain yang menarik serta juga isinya jelas.
Fungsi Brosur
- Untuk menginformasikan kepada para konsumen potensial yang berhubungan dengan perusahaan atau juga produk atau layanan yang akan ditawarkan.
- Sebagai alat iklan atauppun juga alat promosi, yang menarik serta juga memungkinkan untuk mempromosikan satu atau lebih produk atau juga jasa.
- Untuk mempertahankan kriteria maupun konsep yang sama dengaan melalui semua brosur perusahaan atau produk aatau layanan yang dimiliki.
Biasanya brosur dibuat menarik agar bisa membuat para pelanggan untuk membeli produk, jasa, ataupun yang lainnya yang ditawarkan pada pesan yang ada pada brosur.