Reklame adalah alat untuk menawarkan, memperkenalkan, memperkenalkan barang-barang hasil produksi atau jasa kepada masyarakat dengan menggunakan gambar dan kata-kata yang menarik.
Asal usul Reklame
Reklame berasal dari kata re-clamare (bahasa Spanyol: Re=berulang, clamare atau clamo=seruan). Reklame dapat diartikan sebagai seruan yang berulang-ulang dalam rangkamenawarkan barang dagangan atau jasa kepada konsumen
Ciri-ciri Reklame
Ciri-ciri Reklame adalah sebagai berikut :
1. Jelas, Singkat, dan Mudah diterapkan.
Reklame yang baik harus menggunakan kalimat-kalimat yang singkat, terlihat jelas, serta dapat dengan mudah diimplementasikan dan dicerna khalayak ramai.
2. Menarik dan mencolok.
Reklame yang baik harus memiliki komposisi warna dan bentuk yang mencolok, serta memiliki desain yang menarik khalayak ramai.
3. Jujur.
Reklame yang baik memiliki pesan yang apa adanya dan tidak dibuat-buat dan mudah dipahami.
4. Dilakukan secara berulang-ulang.
Reklame yang baik harus dipasang berulang-ulang agar banyak masyarakat yang melihat pesan reklame tersebut.
Perbedaan Reklame dan Iklan
Apa saja perbedaan reklame dan iklan ? Perbedaan reklame dan iklan terletak pada kalimatnya. Jika iklan pada umumnya berupa kalimat yang panjang bahkan ada juga yang berupa artikel, sedangkan reklame hanya berupa kalimat singkat yang disertai gambar yang mencolok.
Jenis-jenis Reklame
Jenis reklame dibagi ke dalam beberapa kelompok, yaitu : menurut tujuan, sifat dan jenis media.
1. Reklame menurut Tujuana. Reklame komersialReklame komersial adalah reklame yang dibuat untuk keperluan bisnis, yang mana ditujukan untuk mencari keuntungan.
b. Reklame non komersial
Reklame non komersial adalah reklame yang bersifat untuk kepentingan umum, yang mana tujuannya tidak untuk mencari keuntungan. Melainkan untuk imbauan dan iklan layanan masyarakat.
2. Reklame menurut Sifatnya
Berdasarkan sifatnya reklame terbagi menjadi tiga, yaitu sebagai berikut.
a. Reklame peringatan
Reklame peringatan adalah reklame yang memiliki sifat berupa peringatan untuk melakukan sesuatu. Semisal reklame untuk tertib lalu lintas.
b. Reklame penerangan
Reklame penerangan adalah reklame yang informasinya berupa pemberitahuan ke masyarakat umum. Semisal reklame informasi tentang kesehatan.
c. Reklame ajakan atau permintaan
Reklame ajakan atau permintaan adalah reklame yang bersifat mengajak atau meminta masyarakat untuk mengikuti suatu imbauan. Semisal reklame donor darah.
3. Reklame menurut Media
a. Reklame audio
Reklame audio adalah reklame yang informasinya disampaikan melalui suara, baik itu langsung ataupun tidak langsung. Reklame audio biasanya disampaikan melalui radio.
b. Reklame visual
Reklame visual adalah reklame yang penyampaiannya dilakukan dengan menggunakan media visual atau gambar. Contohnya adalah brosur, pamflet, poster, banner, billboard, embalase, baliho, selembaran, spanduk, billboard, dll.
c. Reklame audio visual
Reklame audio visual dan audio visual merupakan jenis reklame menurut medianya. Reklame audio visual menyampaikan informasi dengan menggabungkan unsur-unsur gambar dan suara. Contohnya adalah iklan di televisi dan iklan di YouTube.